TikTok Trends of 2021: How it Can Boost Your Business Effectively
TikTok berhasil merajai tren media sosial di tahun 2020, dengan ciri khasnya tersendiri yakni video singkat berulang yang adiktif dan berbagai challenge viralnya. Pengguna TikTok dapat membuat berbagai konten video berdurasi pendek yang fun and creative dengan bantuan fitur-fitur yang menarik dan mudah digunakan serta dipahami.
TikTok berhasil menarik perhatian para netizen, terutama generasi muda. Per bulan April 2020, aplikasi video singkat terpopuler ini telah diunduh sebanyak 2 miliar kali dari Apple App Store dan Google Play Store. Pesatnya pertumbuhan aplikasi TikTok dapat membuka beragam potensi dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis Anda.
TikTok yang dimanfaatkan dengan tepat bisa menjadi sebuah sarana promosi bagi produk atau jasa Anda, basis pengguna yang sangat banyak juga bisa menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. Sehingga, tidak heran jika kini banyak yang mempercayakan pemasaran digital melalui platform TikTok untuk memperluas jaringan dan membangun brand awareness.
Tentunya ketika ingin menggunakan TikTok sebagai sarana promosi, Anda dapat menyajikan konten-konten yang dapat mengundang perhatian untuk mencapai tujuan pemasaran. Berikut beberapa kiat membangun dan memaksimalkan strategi konten pemasaran lewat TikTok yang bisa Anda coba.
Influencers Engagement
Influencer seringkali menjadi faktor pendukung dalam sebuah campaign yang sukses. Mereka dapat menyuarakan pesan brand dengan cara yang kreatif dan menghibur bagi audiens, serta dapat meningkatkan jangkauan campaign Anda.
Platform media sosial berbasis video terbukti ampuh untuk mencapai objektif suatu brand ketika bekerja sama dengan influencer, begitu pula dengan TikTok. Jika suatu brand yang ditawarkan cocok dengan audiens dari para influencer, maka kampanye influencer marketing dengan TikTok memiliki potensi besar untuk mencapai kesuksesan. Nah, manfaatkan hal ini untuk memviralkan produk Anda.
Creative UGC (User Generated Content) and Memes
Salah satu keunggulan dari User Generated Content adalah menawarkan social proof terhadap brand Anda. Menunjukan bahwa produk dan jasa yang ditawarkan telah digunakan oleh banyak orang dapat meningkatkan kredibilitas brand Anda.
Ajaklah konsumen Anda untuk mengunggah interaksi mereka dengan produk atau jasa yang ditawarkan dengan sekreatif mungkin. Cara ini cukup bisa menghibur audiens yang tentunya akan membawa dampak yang bagus ke engagement brand Anda. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan influencer untuk mengajak penggemarnya membuat User Generated Content yang mendukung brand Anda.
Brand Hashtag Challenges
Hashtag TikTok digunakan untuk mengelompokkan video dengan konsep serupa. Sehingga, pengguna dapat menemukan dan menonton video dengan hashtag yang sama terus menerus selama berjam-jam. Maka, untuk menarik perhatian audiens, brand dapat membuat sebuah hashtag yang mudah dicari dan diingat oleh masyarakat.
Hashtag juga digunakan sebagai pelengkap fitur challenge. Fitur Challenge juga menarik banyak perhatian dan pengguna TikTok secara aktif mengambil tantangan dan membuat keterlibatan semakin tinggi. Sehingga hal tersebut dapat menjadi alat pemasaran yang tepat bagi brand dan marketer. Hashtag challenge merupakan metode yang bagus untuk menghasilkan sebuah konten.
Ketika brand membuat sebuah challenge dan mengandung hashtag di dalamnya, brand dapat berkolaborasi dengan para influencer untuk memulainya agar hashtag tersebut dapat lebih terlihat oleh masyarakat. Sehingga, banyak pengguna tertarik untuk mengikutinya dan membuat nama brand menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.
TikTok as The New TV
Salah satu alasan mengapa TikTok menjadi hits adalah kemampuannya untuk membuat orang merasa seperti sedang menonton acara TV. Para pengguna TikTok memang banyak menyajikan konten kreatif dan menghibur yang mana sajian TikTok sudah bisa menggantikan TV. Bedanya saat di TikTok kita dapat memilih konten mana yang cocok dengan kita atau kita juga bisa menyajikan konten secara mandiri untuk dibagikan ke pengguna lain.
Hingga kini, TikTok masih dan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Tidak hanya angka unduhan yang tinggi, pengguna aktif di TikTok juga semakin tinggi. Oleh karena itu, TikTok dapat menjadi peluang untuk media pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.
Sebagai penutup, kebangkitan TikTok dalam empat tahun terakhir sangat sensasional dan signifikan. Sekarang TikTok telah menjadi platform media sosial utama yang tidak dapat diabaikan. Jika brand Anda belum menggunakan TikTok untuk terhubung dengan pengikut Anda, maka Anda harus sangat mempertimbangkan untuk membuat akun TikTok. Lagi pula, ada kemungkinan besar kompetitor Anda telah melakukannya. Setelah Anda mulai menggunakan TikTok, mulailah memanfaatkan beberapa tren konten yang disebutkan dalam artikel ini.
Sources: fanbytes.co.uk and many sources.