Liquid Agency | Mengenal Twitter Spaces: Kenali Fitur dan Penggunaannya
Twitter baru saja mengumumkan fitur baru yaitu Twitter Spaces yang akan diluncurkan bulan April 2021. ayanan terbaru dari Twitter ini mengandalkan fitur berbasis audio seperti layaknya aplikasi Clubhouse. Twitter rencananya akan memaksimalkan fitur terbarunya ini di bulan April 2021. Bagaimanakah fitur Spaces ini berfungsi di Twitter? Liquid Agency mencoba untuk merangkumnya.
Twitter Spaces, Twitter, Space, Social Media, Digital Marketing, Liquid Agency, Liquid Agency Indonesia, Digital Agency, Digital Agency Indonesia
21854
post-template-default,single,single-post,postid-21854,single-format-standard,edgt-core-1.0.1,ajax_fade,page_not_loaded,,hudson-ver-2.2, vertical_menu_with_scroll,smooth_scroll,blog_installed,hide_inital_sticky,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.4,vc_responsive
 

Twitter Spaces: Kenali Fitur dan Penggunaannya

Mar 24 2021

Twitter Spaces: Kenali Fitur dan Penggunaannya

Masih segar di ingatan kita akan hype aplikasi Clubhouse yang belum lama ini diluncurkan untuk pengguna smartphone berbasis sistem iOS. Sekarang, salah satu Social Media yang saat ini juga diminati kaum millennials, Twitter, meluncurkan Twitter Spaces. Layanan terbaru dari Twitter ini mengandalkan fitur berbasis audio seperti layaknya aplikasi Clubhouse. Twitter rencananya akan memaksimalkan fitur terbarunya ini di bulan April 2021. Bagaimanakah fitur Spaces ini berfungsi di Twitter? Liquid Agency mencoba untuk merangkumnya.

 

Hanya Untuk Pengguna iOS

Layaknya Clubhouse, Twitter Spaces masih dikembangkan untuk pengguna smartphone berbasis iOS (perangkat merk Apple). Space pada awalnya dibuat dalam bentuk grup yang sangat kecil yang dimana pembuatannya ditujukan untuk belajar dan mengumpulkan feedback dari berbagai komunitas di Twitter. Space dapat aktif selama obrolan topiknya masih terbuka. Jika sudah selesai, forum tersebut akan bubar dan tidak tersedia lagi. 

 

Pengembangan Fitur di Twitter Spaces

Twitter sudah memulai uji coba di bulan November 2020 yang lalu, dimana Twitter menguji coba pada wanita dan beberapa komunitas marginal lainnya untuk bergabung di Twitter Spaces. Twitter Spaces berfokus pada moderasi, dimana pembuat konten dapat mengontrol siapa yang bisa atau tidak bisa ‘berbicara’ di Space, dan juga ada fitur Report dan pemblokiran yang disertakan di versi pertama. Fitur lainnya yang sedang diuji salah satunya adalah ‘emoji reaction’, kemampuan untuk berbagi tweet di Space, dan transkripsi suara langsung “versi paling awal”. Pada akhir Februari yang lalu, Twitter kembali menguji fitur tersebut dengan 1.000 pengguna yang dimulai dengan wanita dan orang-orang dari beberapa grup minoritas yang kurang terekspos.

 

How To Use Twitter Spaces?

Ada dua cara untuk menggunakan Twitter Spaces untuk pengguna iOS, yaitu melalui icon Space atau Fleet. Untuk icon Space, tekan yang lama pada icon compose Tweet di Home Timeline, kemudian tap icon “Space” di ujung kiri. Sedangkan melalui fitur Fleet, caranya, tekan yang lama foto profil Fleet, lalu scroll ke paling kanan, dan pilih Space. Anda bisa mengundang sampai 10 orang untuk bergabung di forum yang sudah di-create. Perhatikan step menggunakan Twitter Spaces di bawah ini:

  • User dapat memilih siapa saja yang dapat bergabung dengan hak berbicara dengan cara memilih opsi, seperti semua orang, orang yang Anda Follow, atau “Hanya pada orang yang Anda perbolehkan untuk berbicara”. 
  • Ini dapat memungkinkan Anda mengirim undangan melalui Direct Message. Saat mulai memakai Space, mikrofon user akan mati. Jika sudah siap berbicara, klik “Start Space”. 
  • Izinkan akses mikrofon dengan mengaktifkan “Allow Microphone Access”. 
  • Pilihlah, apakah ingin berbagi transcript atau tidak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan tombol. 
  • Jika sudah, user dapat mulai menggunakan dan merekam Twitter Spaces.

 

Sources: The Verge, Kompas.com and many sources.

0 Comments
Share Post
No Comments

Post a Comment

WhatsApp chat