Liquid Agency | Mengenal Over The Top Advertising dan Ketahui Unggulannya
Pengertian OTT advertising yaitu iklan yang hanya khusus ditampilkan di setiap individu lewat layanan atau website streaming video pilihan audience. Berbeda dengan iklan televisi konvensional yang memperlihatkan satu iklan untuk semua orang di waktu yang sama, strategi OTT advertising menyesuaikan iklan dengan profil penontonnya. Informasi khusus tersebut bisa didapatkan salah satunya dari activity kita di internet yang selama ini terlacak. Iklan ini biasanya ditampilkan di layanan atau website streaming video, di tengah-tengah video yang sedang ditonton seseorang. Setelah ditayangkan, sistem OTT bisa melacak statistik penonton, misalnya jumlah orang yang melakukan skip, mengklik call to action, dan lainnya. Karena iklan yang ditayangkan lebih terpersonalisasi, tingkat efektivitasnya pun lebih baik. Namun apa keunggulan OTT advertising? Liquid Agency mencoba merangkumnya di bawah ini.
OTT, Over The Top, Streaming, movie, film, netflix, disney+, ott advertising, liquid agency, liquid agency indonesia, digital marketing agency
21864
post-template-default,single,single-post,postid-21864,single-format-standard,edgt-core-1.0.1,ajax_fade,page_not_loaded,,hudson-ver-2.2, vertical_menu_with_scroll,smooth_scroll,blog_installed,hide_inital_sticky,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.4,vc_responsive
 

Mengenal Over The Top Advertising dan Ketahui Unggulannya

Apr 15 2021

Mengenal Over The Top Advertising dan Ketahui Unggulannya

Layanan streaming atau yang juga dikenal dengan Over The Top (OTT) saat ini menjadi salah satu yang diminati semua orang sejak masa pandemi. Pernahkah Anda terpaksa harus melihat iklan saat sedang streaming? Hal ini pasti pernah dialami semua orang. Iklan yang muncul adalah taktik OTT advertising yang sekarang sangat banyak digunakan. Sebagian besar orang sudah berpindah ke Netflix, Viu, Disney+ Hotstar, dan layanan streaming video lainnya untuk menonton film atau podcast. Televisi yang biasanya menjadi wadah menampilkan iklan secara efektif sekarang semakin ditinggalkan. Bahkan hampir 80% traffic di internet sekarang ini berasal dari website streaming video. Bisa diperkirakan potensi yang ada untuk pemasangan iklan lewat berbagai layanan tersebut. Hal ini membuat advertiser harus beradaptasi juga dan menampilkan iklan lewat layanan-layanan video streaming untuk mencapai target audience-nya.

 

Pengertian OTT advertising yaitu iklan yang hanya khusus ditampilkan di setiap individu lewat layanan atau website streaming video pilihan audience. Berbeda dengan iklan televisi konvensional yang memperlihatkan satu iklan untuk semua orang di waktu yang sama, strategi OTT advertising menyesuaikan iklan dengan profil penontonnya. Informasi khusus tersebut bisa didapatkan salah satunya dari activity kita di internet yang selama ini terlacak. Iklan ini biasanya ditampilkan di layanan atau website streaming video, di tengah-tengah video yang sedang ditonton seseorang. Setelah ditayangkan, sistem OTT bisa melacak statistik penonton, misalnya jumlah orang yang melakukan skip, mengklik call to action, dan lainnya. Karena iklan yang ditayangkan lebih terpersonalisasi, tingkat efektivitasnya pun lebih baik. Namun apa keunggulan OTT advertising? Liquid Agency mencoba merangkumnya di bawah ini.

 

Bisa Ditampilkan di Banyak Perangkat

Beriklan dengan OTT advertising adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan pengiklan untuk menjangkau lebih banyak orang lewat banyak perangkat. Tidak peduli apakah dari laptop, smartphone, smart TV, maupun tablet, OTT advertising bisa ditampilkan pada setiap user-nya. Tentunya ini sangat berbeda dengan iklan di televisi secara konvensional yang hanya mengandalkan satu perangkat saja.

 

Menargetkan Audience

Yang perlu Anda tahu, OTT advertising tidak sembarang ditampilkan. Iklan yang akan dilihat berdasarkan ketertarikan user untuk meningkatkan efektivitas penayangan iklan tersebut. Jadi, return yang dihasilkan OTT advertising pun bisa lebih besar.

 

Sangat Mudah Diukur dan Dilacak

Secara digital, consumer behavior atau audience lebih mudah dilacak dengan angka dan ukuran yang jelas. Advertiser akan jadi lebih mudah untuk tahu apakah iklan yang ditampilkan sudah cukup baik dan efektif atau belum. Setelah melihat angka performance dari penayangan iklan lewat strategi OTT advertising, advertiser bisa langsung mengambil keputusan mengenai perbaikan atau peningkatan supaya hasilnya bisa lebih memuaskan lagi. Namun, terkadang sulit untuk mendapatkan statistik secara real-time.

 

Source: Tinuiti.com, Glints, and many sources

0 Comments
Share Post
No Comments

Post a Comment

WhatsApp chat