Ingin Konten Menjadi Viral? Ikuti Beberapa Tips Ini Yuk
Membuat sebuah konten terutama konten di Social Media memang bukanlah hal mudah. Perlu riset kecil dan harus mengetahui apa yang sedang trend saat ini. Hal ini menjadi tugas seorang Content Writer untuk bisa membuat sebuah konten yang bukan hanya sekedar tulisan saja. Tugas seorang Content Writer inilah yang memang dianggap krusial untuk membuat identity di Social Media brand atau perusahaan, supaya di setiap postingannya menarik dan lebih banyak engagement untuk followers-nya. Terutama di era yang serba digital ini, setiap orang selalu mencari informasi di Social Media atau smartphone yang sudah dilengkapi dengan News Apps atau tinggal mencari di Google News. Terutama, semua orang akan membaca apapun yang sedang trend saat ini atau bisa disebut viral.
Konten yang menjadi viral itu memang tidak mudah dilakukan apalagi hanya asal menulis. Seperti contoh membuat konten tentang “Heboh, ada diskon di hyper supermarket!” yang melihat atau mendapatkan likes hanya maksimal 10, berbeda mungkin dengan contohnya “Belanja 20 barang di hyper supermarket hanya 10 ribu aja? Bisa!” bisa mendapatkan engagement yang sangat tinggi dan menjadi viral. Berbeda namun tetap terlihat mana yang bisa menjadi viral. Nah, Liquid Agency Indonesia memberikan beberapa tips khususnya untuk Content Writer supaya konten yang dibuat menjadi trending atau viral.
Riset dan Planning Untuk Menentukan Keyword
Langkah pertama adalah menentukan keyword yang sesuai dengan konten yang akan ditulis. Jangan sembarang menentukan keyword karena akan berpengaruh dengan SEO dan juga sebagaimana relate dengan konten yang akan dibuat. Cara gampang untuk riset keyword adalah dengan menggunakan keyword search engines tools yang sudah tersedia banyak platform, seperti contoh Google Keyword Planner atau SEM Rush. Dengan menentukan keyword yang sudah sesuai dengan konten, langkah awal ini bisa menjadikan konten yang akan dibuat menjadi viral.
Jagalah Konten Tetap Pendek
Ketika membuat konten video, selalu pikirkan durasi video tersebut. Pastikan durasi video konten berdurasi maksimal 30 detik sampai 1 menit, lalu buatlah message yang bisa dicerna masyarakat luas secara singkat dan jelas. Jika menggunakan Copy on Visual, pastikan juga Copy on Visual juga jelas dan tidak terlalu panjang supaya memudahkan audiens untuk mencerna dengan baik dan bisa menjadi viral.
Ambillah Sudut Pandang “Human Angle”
Ketika membuat konten, perlu diperhatikan agar menjadi viral dan dibicarakan banyak orang mengambil sudut pandang manusia. Maksudnya adalah, ambillah sisi yang menunjukkan humanisme yang menyentuh, dan juga mengundang rasa empati dalam konten yang akan dibuat. Audience akan lebih menyukai konten yang memasukkan “Human Angle”.
Bersifat Interaktif
Jika membuat sebuah konten di Social Media, buatlah konten yang bersifat interaktif untuk followers brand atau produk yang sedang dikerjakan. Interaktif di sini bisa dengan konsep Fun Quiz, walaupun tidak ada hadiahnya buatlah konten yang membuat audiens atau followers ikut bermain di dalam konten itu. Buatlah semenarik mungkin sehingga bisa direkomendasikan dengan cara share post dan juga lebih banyak dibicarakan banyak orang.
Source: jeffbullas.com and many sources.